18 Jalan Teraneh/Terunik di Dunia

1. Hana Highway @ Maui, Hawaii

Hana Highway dibangun di pesisir pantai Maui, tidak seperti pantai Hawaii yg berpasir, yg banyak bebatuan. Jika melewati jalan ini, kita akan melalui 600 kelokan/tikungan dan 54 jembatan hanya dalam 52 mil (sekitar 84 km).

2. Passo dello Stelvio @ Lombardy, Italy

Passo dello Stelvio mempunyai 48 kelokan yg kalo kita liat seperti sanggul. Pusing pasti kalo lewat sini, dan hebatnya lagi, jalan ini pertama kali dikonstruksikan pada 1820 :matabelo:

3. Guoliang Tunnel @ Hunan, China

Dengan lebar jalan tidak lebih dari 4 meter, dengan pemandangan kanan-kiri jurang bertebing batu, ditambah lg beberapa terowongan yg menembus Pegunungan Taihang, dijamin lewat jalan ini bakal jadi pengalaman yg tak terlupakan :D

4. Monumental Axis @ Brasilia, Brazil

Versi gedenya Monas & Merdeka di Jakarta, ditambah bangunan2 kepresidenan dan pemerintah Brazil.

5. The Atlanterhavsveien @ Møre og Romsdal, Norway

Uniknya bisa diliat sendiri di gambar, tp yg lebih hebat lagi, jalan ini dibangun di daerah yg sering dilewati angin ribut dan para arsitek pembangunnya mengalami puluhan kali angin ribut saat membangunnya.

6. The Magic Roundabout @ Swindon, England

Dibangun pada 1972, merupakan jalan putaran paling kompleks di dunia, ngalah2in Semanggi

7. Highway 1 @ Iceland

Di Indonesia mungkin sama dengan Jakarta Outter Ring Road atau Ring Road di Jogja, tp jalan yg dibuka pada 1974 ini mengitari satu negara, bukan kota :)

8. The Cherohala Skyway @ Robbinsville, N.C., US

Menghubungkan dua negara bagian, North Carolina dan Tennessee, dengan range elevasi dari 270 m - 1620 m, Cherohala Skyway menawarkan pemandangan khas pegunungan Amerika.

9. Yungas Road @ La Paz, Bolivia

Mendapat julukan "Road of Death" karena banyaknya kecelakaan di jalan ini

10. Dalton Highway @ Livengood, Alaska

The Bureau of Land Management di Amrik sono sampe ngasi peringatan, "Anda tidak akan menemukan restoran, toko-toko, atau SPBU, yang ada hanyalah hutan, tundra, dan pegunungan...". Dalton Highway menghubungkan Alaska dengan ladang minyak Prudhoe Bay, jalannya berjejer sejajar dengan pipa minyak sepanjang 414 mil.

11. Capulin Volcano Road @ Capulin, New Mexico

Jalan sepanjang 3,2 km ini sangat sempit, hingga apabila ada bus yg akan naik atau turun gunung, semua arus lalu lintas haru berhenti (brp lama tu yak nungguinnya :gila:)

12. Karakoram Highway @ Gilgit-Baltistan, Pakistan

Jalannya tidaklah besar, seperti jalan setapak, tapi melintasi 3 pegunungan besar, Himalaya, Karakoram, dan Pamir. Pembangunannya menelan korban jiwa para pekerjanya, 810 dari Pakistan dan 82 dari China.

13. Avenida 9 de Julio @ Buenos Aires, Argentina

Pada sisi terlebarnya, jalan ini punya 8 jalur di mana masing2 sisinya terhubung dengan 2 jalur tambahan yg digunakan apabila arus lalu lintas sedang padat. Total lebar (lebar ya, bukan panjang) jalan ini adalah 138 meter :matabelo: :gila:

14. Trollstigen @ Rauma, Norway

8 kelokan 180 derajat di ketingggian 840 meter, ditambah dengan air terjun dan pemandangannya, mau coba?

15. Canton Avenue @ Pittsburgh, Penn.

Diklaim sebagai jalan tercuram di dunia, mempunyai tingkat kemiringan 37% (setiap 100 kaki (30 meter) horizontal, tingkat elevasi naik 37 kaki (11 meter)).

16. The High Five Interchange @ Dallas, Texas

Pada 2006, American Public Works Association memilih interchange ini sebagai salah satu "Public Works Projects of the Year." Jakarta mesti punya lebih banyak interchange ni keknya :nohope:

17. Lombard Street @ San Francisco

Mungkin merupakan jalan paling terkenal di SF, aslinya memiliki tingkat elevasi 27%, sebelum tahun 1922 ditambah 8 kelokan hingga turun menjadi 16% saja.

18. Tibbitt to Contwoyto Winter Road @ Northwest Territories, Canada
Kalo yg ini sebenernya bukan jalan betulan, hanya danau2 es yg membeku yg saling terhubung hingga membentuk jalur yg bisa dilalui truk. Temperatur di jalur sepanjang 600 km ini bisa mencapai -70 derajat F.

sumber: http://juandry.blogspot.com/2010/04/with-pics-18-jalan-teranehterunik-atau.html

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment