5 Kota Pulau Yang Terlupakan & Terbengkalai

Disebut Kota Pulau karena memang kota ini dibangun dalam satu pulau atau juga kota ini dibangun sehingga membentuk sebuah pulau di tengah lautan. Berikut ini adalah 5 Kota Pulau yang meskipun jarang diketahui, telah dibangun secara luar biasa oleh manusia memanfaatkan segala sumberdaya yang ada pada jamannya. Namun karena beberapa alasan Kota-kota pulau ini telah ditinggalkan penghuninya, terlupakan kemudian terbengkalai.

1. Deserted Floating City of Oily Rocks

Termasuk salah satu kota aneh di dunia terletak di lepas pantai Azerbaijan, yang kini ditinggalkan dan bobrok. ‘Oily Rocks’ mulai dibangun dari sebuah rig lepas pantai dan tumbuh menjadi sebuah kota. Uniknya, sebagian besar ‘pondasi’ kota memanfaatkan bahan dari bangkai kapal yang tenggelam. Semula diciptakan untuk melayani industri minyak, lalu berisi perumahan, sekolah-sekolah, perpustakaan dan toko-toko bagi para pekerja dan keluarga mereka. Sekarang bagian dari bangunan tersebut masih tetap ada, namun banyak jalan-jalan telah menghilang ditelan dalam ombak.

2. Abandoned Launch Platform for some of America’s first spy satellites

Ini adalah Platform Peluncuran untuk satelit mata-mata Amerika pertama yang telah ditinggalkan . Ada banyak pangkalan militer terisolasi di seluruh dunia, tetapi hanya sedikit yang terpencil seperti di Atol Johnston ini.

Terletak di Pasifik tengah dan terdiri dari lebih dari satu landasan pacu yang luas, tidak sulit untuk membayangkan apa yang telah dilakukan di sini selama bertahun-tahun dengan radar mereka. Awalnya sebuah pulau alami di atas sebuah terumbu karang sekitar 750 mil barat laut dari Hawaii, Atol Johnston telah diperbesar selama bertahun-tahun oleh pengerukan karang. Hasilnya: sebuah pulau buatan manusia yang setengahnya adalah sebuah pangkalan militer yang luas dengan akomodasi untuk lebih dari 1.000 orang.

Antara 1958 dan 1975, Atol Johnston Atol digunakan sebagai situs uji coba nuklir untuk senjata nuklir bawah tanah dan di atas tanah. Beberapa rudal uji coba nuklir yang diluncurkan dari atol selama “Operasi Dominic” pada tahun 1962. Atol Johnston juga ditetapkan sebagai platform untuk beberapa peluncuran pertama satelit mata-mata Amerika dan roket ilmiah lainnya. Namun pada tahun 1993, misi militer telah diperkecil dan tempat inipun ditinggalkan.

3.The Fort in the middle of nowhere

Ini adalah sebuah benteng militer di tengah laut, cukup aneh karena dibangun lengkap dengan parit!. Fort Jefferson merupakan bagian dari Taman Nasional Tortugas di perairan Key West, Florida. Konstruksi pada “benteng di negara antah berantah” ini dimulai pada tahun 1846. Awalnya dimaksudkan untuk pertahanan AS, tetapi selama 30 tahun dalam pembangunannya tidak ditemukan alasan yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Selama dan setelah Perang Saudara, benteng mulai digunakan sebagai penjara bagi desertir dan penjahat lainnya. Pada tahun 1874 tentara meninggalkan benteng tersebut setelah beberapa angin topan dan epidemi demam kuning, tetapi sekitar tahun 1898 tempat tersebut digunakan angkatan laut yang menggunakan fasilitasnya selama Perang Spanyol-Amerika. Benteng ini juga digunakan dari 1888 sampai 1900 sebagai stasiun karantina.

4. Ghost Island – The highest population density ever recorded

Dijuluki sebagai Pulau hantu, kota pulau yang dibangun oleh Mitsubishi ini pernah tercatat sebagai kota dengan kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Nama lainnya adalah Pulau Hashima (berarti “Pulau Perbatasan”), umumnya juga disebut Gunkanjima (berarti “Pulau Perperangan”) adalah salah satu dari 505 pulau tak berpenghuni di Prefektur Nagasaki sekitar 15 kilometer dari Nagasaki sendiri.

Pulau ini dihuni dari tahun 1887 hingga 1974 sebagai fasilitas penambangan batubara. Fasilitas seperti bioskop, dokter, arcade, restoran dan bar ditambahkan kemudian, dan kota ini menjadi sebuah komunitas, berkembang mikrokosmos. Seluruh kompleks dihubungkan melalui terowongan bawah tanah. Pada puncaknya ditahun 1959, Pulau Hashima adalah kota paling padat penduduknya di dunia, dengan 5.259 penduduk pada outcropping, pulau kecil berbatu. Itu berarti ada 835 orang untuk setiap 2,5 hektar.

Ketika minyak bumi menggantikan batubara di Jepang pada tahun 1960, tambang batu bara mulai ditutup di seluruh negeri, dan tambang Hashima pun tak terkecuali. Mitsubishi secara resmi mengumumkan penutupan tambang tersebut pada tahun 1974, dan hingga hari ini kosong dan kosong, sehingga disebut Pulau Hantu. Perjalanan ke Hashima saat ini telah dilarang.

5. Abandoned Man-Made Military Island

Fort Carroll adalah sebuah pulau benteng buatan seluas 3,4 hektar (14.000 m²) yang telah ditinggalkan di tengah Sungai Patapsco, tepat di sebelah selatan Baltimore, Maryland. Pada Perang Dunia II, pernah digunakan sebagai lapangan tembak bagi Tentara dan sebuah pos pemeriksaan untuk kapal.

Pemerintah tidak lagi menggunakan benteng sebagai pos militer pada tahun 1920, dan pulau ini dinyatakan sebagai ‘kelebihan properti’ pada tahun 1923. Pada bulan Mei 1958, seorang pengacara Baltimore membeli pulau seharga $ 10.000, namun rencana pembangunan tidak pernah terwujud. Benteng tersebut sekarang tetap sepi.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment