Terowongan-terowongan paling mematikan di dunia

Terowongan biasanya sebuah lorong bawah tanah, yang dibangun dalam upaya untuk mengatasi pertumbuhan kebutuhan jalan, jalan raya dan jembatan untuk menangani volume besar dari lalu lintas. Terlepas dari itu, terowongan adalah hasil yang dicapai bidang teknik dengan suatu prestasi luar biasa, antara lain menebus pegunungan, beberapa meter dari jalur bawah laut. Mari kita lihat di terowongan di dunia yang memiliki keunikan dan aneh ini:


1. Terowongan Channel
Terowongan Channel adalah sebuah terowongan rel sepanjang 50-km di bawah Selat Inggris (tepatnya di Selat Dover) yang menghubungkan Cheriton, Kent, di selatan Britania Raya, dan Coquelles, Calais di utara Perancis. Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994. Channel merupakan terowongan rel terpanjang kedua di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnelplc. Chunnel - dimana Chunnel adalah kependekan dari The Channel Tunnel
Untuk mengantisipasi ancaman kebakaran, para perancangnya telah membangun terowongan yang lebih kecil di antara tabung utama, sebagai bagian dari jalur evakuasi.
2. Terowongan Penyelundupan
 
Terletak di Tijuana, Meksiko, terowongan yang panjangnya 1000 meter baru-baru ini ditemukan oleh para pejabat AS dan Meksiko. Terowongan yang digunakan untuk kejahatan ini, membawa obat-obatan terlarang. Selama beberapa tahun terakhir, sejumlah besar terowongan ilegal telah ditemukan di AS, yang berasal dari Kanada dan Meksiko. Terowongan ini menggali lebihg 860 meter ke AS, tanpa dilengkapi dengan pencahayaan, sistem ventilasi, listrik dan bahkan lift. Drug Enforcement Agency (DEA) di Amerika Serikat, mengatakan bahwa pembangunan terowongan ini telah berlangsung selama lebih dari dua tahun.
3. Terowongan Infiltrasi
 
Pada 1970-an, tiga terowongan yang berbeda ditemukan di sepanjang salah satu perbatasan paling panas di dunia. Pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea. Terowongan invasi ketiga, juga dikenal sebagai Third Tunnel of Aggression nyaris hanya 26 mil dari kota Seoul, ibukota Korea Selatan. Terowongan rahasia ini memberi Korea Utara keuntungan besar untuk melakukan serangan militer besar-besaran terhadap Korea Selatan.
4. Terowongan Cu Chu
 
Terletak di Cu Chi, Vietnam, yang juga merupakan sebuah labirin dari terowongan raksasa, yang memainkan peran penting selama Perang Indocina Perancis dan Perang Vietnam. Ukuran terowongan ini berkisar dari 75 mil sampai 150 mil. Terowongan Cu Chi telah menjadi tujuan wisata populer dalam beberapa tahun terakhir, memungkinkan pengunjung untuk melakukan perjalanan melalui ruang-ruang sempit, memeriksa jebakan mematikan dan bahkan perjalanan menuju pusat komando bawah tanah untuk melakukan persiapan serangan.
5. Tokyo Bay Aqua-line
 
Tokyo Bay Aqua-Line juga dikenal sebagai Trans-Tokyo Bay Highway, adalah kombinasi jembatan dan terowongan di Tokyo Bay di Jepang. Menghubungkan kota Kawasaki di Kanagawa dengan kota Kisarazu di Chiba, dan merupakan bagian dari National Route 409. Dengan panjang keseluruhan 14 km, yang termasuk sebuah jembatan sepanjang 4,4 km dan 9,6 km terowongan bawah (laut) teluk-terowongan keempat terpanjang bawah air di dunia. Hal yang unik, tempat istirahat besar terletak di atas terowongan buatan dibangun di pintu masuk terowongan ini. Pulau ini disebut Umi-Hotaru, yang berarti “kunang-kunang laut”, dan berfungsi sebagai tempat istirahat yang terdiri dari toko dan restoran, bersama dengan dek observasi yang terlihat keluar teluk

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment